7 Resolusi Sehat di Tahun Baru

Jum'at, 02 Januari 2015 - 08:16 WIB
7 Resolusi Sehat di Tahun Baru
7 Resolusi Sehat di Tahun Baru
A A A
TAHUN Baru adalah waktunya bagi kita untuk memikirkan kembali kehidupan kedepan dan berjanji untuk menjalani kebiasaan hidup sehat sesuai dengan treknya.

Saatnya, di tahun baru ini Anda bisa memasukkan atau membuat komitmen yang kuat untuk hidup sehat. Resolusi kesehatan ini akan membantu Anda dalam membentuk hidup yang sehat dan energik. Berikut ini beberapa diantaranya yang dikutip dari healthmeup.com.

1. Memakai Tabir Surya Setiap Hari
Tidak ada orang yang tahan terhadap paparan sinar matahari. Mayoritas kasus kanker kulit terjadi setelah usia 50, meskipun kerusakan akibat sinar matahari dimulai pada usia dini. Paparan sinar matahari juga menghasilkan bintik-bintik coklat, dan dapat menyebabkan penuaan dini. Sehingga, dibutuhkan perlindungan matahari setiap hari sepanjang tahun, bahkan selama musim dingin, jadi pastikan Anda memakai tabir surya untuk menghindari keriput dan garis-garis halus.

2. Praktek Mengontrol Porsi Makan
Jika ingin mengontrol berat badan Anda, perlu untuk mengontrol ukuran porsi makan Anda. Jika hal itu tidak dilakukan, akan menyebabkan kelebihan kalori dan lemak. Karena kecenderungan untuk melahap porsi besar tinggi lemak dan tinggi kalori makanan.

Makan di piring kecil dan mangkuk adalah cara yang efektif untuk mengekang makan berlebihan. Jika Anda makan di restoran, Anda bisa berbagi makanan, membawa sisanya ke rumah dan memakan hidangan pembuka aneka sup sebagai makanan secukupnya. Ukuran porsi di restoran yang mudah cukup untuk dua orang.

3. Cukup Tidur
Tidur sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental Anda. Tidur yang cukup dan teratur dapat membantu Anda menghindari stres dan penyakit jantung. Penelitian telah membuktikan bahwa semakin banyak orang kurang tidur, semakin buruk adalah kemampuan kognitif mereka. Ini juga memberikan implikasi serius pada kesehatan fisik. Kurangnya tidur akan dikaitkan dengan risiko yang lebih besar dari obesitas dan diabetes tipe 2.

Ketika tidur, seluruh tubuh Anda terutama memperbaiki kulit dengan sendirinya. Kulit Anda mencoba untuk memperbarui diri dengan mengganti sel-sel kulit yang lebih tua dengan yang baru. Pastikan Anda mendapatkan setidaknya delapan jam tidur setiap malam.

4. Aktif Bergerak

Kebanyakan orang secara alami, selalu cenderung untuk tetap bergerak. Cobalah untuk menjadi aktif atau bergerak selama setidaknya 60 menit setiap hari. Hindari duduk untuk jangka waktu yang lama. Cobalah untuk tetap berjalan kaki ketika menaiki tangga bukan lift, dan berjalan jarak pendek bukannya mengemudi. Kesempatan untuk aktif tidak terbatas setelah Anda membuat resolusi, sehingga bisa bergerak.

5. Mengurangi Konsumsi Garam
Hasil diet modern di asupan natrium yang dekat dengan dua kali batas yang direkomendasikan, yaitu 6 gram sehari. Tidak hanya natrium tinggi retensi air konsumsi penyebabnya, juga meningkatkan tekanan darah. Hindari makanan olahan karena mengandung jumlah tinggi natrium. Konsumsi natrium yang rendah dapat menurunkan risiko hipertensi dan penyakit jantung.

6. Mengkonsumsi Antioksidan
Radikal bebas adalah molekul yang dibuat ketika tubuh Anda merusak makanan. Radiasi dan merokok juga memproduksi radikal bebas. Selama periode waktu, radikal bebas merusak tubuh dan menyebabkan infeksi, peradangan dan bahkan kanker. Antioksidan menetralisir efek radikal bebas dan melindungi tubuh Anda. Sertakan buah-buahan dan sayuran untuk diet Anda untuk menuai keuntungan dari antioksidan.

7. Melatih Kekuatan Setiap hari
Latihan selama 10 menit sehari dapat memberikan Anda lebih banyak energi, otot kuat dan tulang, dan bisa meningkatkan metabolisme Anda. Ada latihan kekuatan yang tidak memerlukan peralatan olahraga, sehingga Anda dapat mencobanya di rumah.

(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2733 seconds (0.1#10.140)